Kamis, 11 April 2013

resensi buku GOES TO PESANTREN


Bacan wajib untuk kamu yang ingin sukses di pesantren

Judul: goes to pesantren
Penulis: M.Dzanuryadi
Penerbit:lingkar pena publishing house
Tebal:243 halaman
Tahun terbit: juli 2011
ISBN: 978602885163-3        
Masuk pesantern so what gitu loh? Hari gini tinggal di pesantern, mungkin  begitulah komentar dari sebagian orang.seolah menjadi santri itu hal yang menakutkan,kuper gak gaul mungkin itu bayangan kalin.  Hm….itu karena kamu balum baca buku ini(hehe……). tak kenal maka tak sayang begitulah kira-kira, jangan-jangan selama ini kalian mengklaim pesantren itu menakutkan karena kalian belum kenal lebih jauh. Agar makin cinta mari kita kenalan.
Apa sih pesantren itu? Pesantren adalah lembaga pendidikan yang bernuansa islami. Mulai dari pendidikan akademik, pembinaan akhlak, mental, spiritual  yang semuanya dibingkai dalam nuansa islami yang tentu saja sesuai syariat islam.banyak hal pengembanga diri lainnya yang bias kamu dapatkan di pesantren.
Suasana di kota santri asik senangkan hati
Tiap pagi dan sore hari
Muda-mudi berbusdana rapi menyandang kitab suci
Hililir mudik silih berganti pulang pergi mengaji
Mengaji ilmu agama bermanfaat di dunia.

Masih inget lirik lagi itu? Begitulah kira-kira suasana di pesantern. Asik senangkan hati, tentu saja hidup bersama  ratusan bahkan ribuan santri setiap harinya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi semuanya tak lepas dari interaksi soasial.berkawan dengan orang dari berbagai pulau,Sabang sampai Merauke semuanya berkumpul dalam satu tempat, berbagi pengalaman, suku duka ,canda tawa semunya ada di dunia pesantren.bagi kamu yang terpaksa masuk pesantren karena di suruh orang tua yakinlah, semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Apalagi ditengah kondisi masyarakat kita sekarang ini yang lagi marak-maraknya pergaulan bebas, salah satu hal untuk menghindarinya adalah masuk pesantern. Karena di pesantren bukan hanya ilmu akademik yang kan kita dapatkan,  pembinaan akhlak, pendalaman pengetahuan islam, bagimana berinteraksi dengan orang banyak dan adab-adab dalam bergaul baik sesama Janis ataupun lawan jenis sehingga kita bias membentengi diri dari hal-hal bertentangan dengan ajaran islam.
 Apa aja sih syarat jadi santri atau masuk pesantren? Yang paling penting tentu saja tekad kuat, Jika tekad kamu sudah kuat halangan sebesar apapun yang kamu hadapi pasti akan bias terlewati.selain itu kesiapan kamu masuk pesantren juga harus diuji, siapkah kamu dengan berbagai kegiatan yang diadakan olah pesantren? Karena di pesantren bukan hanya sekolah atau ngaji aja  banyak program ekskul yang bias kamu ikuti misalnya di salah satu pesantera assyifa Subang diadakan berbagai ekskul ada panahan, jurnalistik,tapak suci, angklung, baskat atau yang hobi tulis menulis ada jurnalistik, pokoknya tinggal kembangkan sesuai bakat kamu.pandangan kamu terhadap santru yang kuper tuh udah gak zaman lagi, malah justeru banyak prestasi yang tak kalah hebat di raih oleh para santri.
Selain cerdas secara akedemik Keuntungan lain tentu saja punya pemahaman agama yan mendalam,ini akan menjadi modal yang sangat penting, karena apalah artinya kecerdasan intelektual tanpa kecerdasan spiritual sama saja bohong.apalagi kalau di pesantrennya di wajubkan 2 bahasa dijamin deh bahasa arab sama inggris kamu gape.atau jika di pesantrennya ada program tahfidz (menghafal)  al-quran pas kamu keluar dari pesantern udah punya hafalan 10 juz bahkan ada yang sudah khatam, subhanallah…. Melatih sikap mandiri itu menjadi poin plus, bagaimana menghadapi masalah,disiplin, memanfaatkan waktu semuanya akan kamu dapat di pesantern.
Nah di buku ini semua bakal dibahas, dari a-z pokoknya seluk beluk pesantren.mulai dari bagaimana supaya kamu betah di pesantren, tips memilih pesantren sesuai dengan bidang yang kamu inginkan atau jadwal kegiatan santri, supaya kamu punya gambaran nantinya. Sampai hal terkecil apa aja yang kaumu butuhin di pesantren.
Nah buat kamu juga yang masih bingung, pesanteran apa sih yang palinh bagus? Don’t worry be happy di buku ini ada daftar seluruh pesantern di Indonesia. Mulai dari pesantren yang salafi sampai yang modern. Jadi kamu bisa pilih sendiri kira-kira mana yang cocok buat kamu.
Masih berfikir “tapi pesantern itu kan mengekang, banyak peraturan” hm….itu sih karena kamu belum baca buku ini J.manja, cengeng , gak bias jauh dari orang tua mungkin itu alasan kamu, disini semuanya akan dibahas. Balik lagi ke peraturan, Peraturan itu justeru akan membuat hidup kita teratur, sobat. Indahnya makan bareng, shalat jamaah sampai ngantri di kamar mandi semuanya terangkum dalam dunia pesantren. Coba deh Tanya temen kamu yang tinggal di pesantren atau gak usah repo-repot deh, tinggal baca ni buku, dengerin para santri yang curcol abis tentang kehidupanyya di pesantren. Mulai dari yang awalnya dipaksa orang tua sampai yang gak sengaja nyemplung ke pesantren,awalnya mereka merasa tertekan tapi setelah mereka sadar  hasilnya mereka semua berkata “dunia pesantern adalah dunia terindah”.
Takut gak sukses tinggal di pesantren? Siapa bilang
Buktinya banyak teman kita yang bias masuk perguruan tinggi ternama padahal dia lulusan dari pasantren, bahkan ada yang sampai ke negeri pyramid sana.

(halaman 10) di buku goes to pesantren
Lembaga pendidikan yang paling tua di Indonesia? “pesantren”
Siapa yang paling banyak berjasa dalam sejarah perjuangan Indonesia “santri alumni pesantren”
Apakah alumni pesantern banyak  berkiprah dalam kehidupan bangsa?
 “banyak” contohnya master kita yang bikin pesawat terbang B.j habibie beliau adalah lulusan pesantren gontor ada juga  pak hidayatHidyat nur wahid ketua MPR RI periode 2004-2009. Dengan menjadi santri bukan berarti kita gak bias berkarya, justeru di tempat inilah saatnya kamu mengembangkan diri agar ketika di masyarakat nanti siap dengan segala kondisi. Menjadi manusia yang tahan banting, tidak cengeng, bertahan dalam situasi apapun itu semua butuh latihan sejak dini dan pesantren adalah tempat yang paling cocok.allah SWT berfirman dalam Q.S. almujadilah ayat 11 yang artinya “allah akan mengangkat derajat orang yang beriman diantaramu dan orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” Ilmu dunia dan akhirat wajib kita tuntut dua-duanya, ilmu dunia untuk keberlangsungan kita di dunia, ilmu akhirat tentu saja untuk hal-hal yang bersifat spiritual atau hubungan dengan allah. Pesantren adalah tempat kita bias mendapatkan kedua ilmu tersebut.
Peran dan fungsi pesanteran tak akan lekang olah waktu, pesantera adalah karakter dan ciri khas bangasa Indonesia.semua ada di pesantren
So……masih takut masuk pesantren? Udah gak zaman, waktunya kamu teriakan dengan lantang
“say yes to pesantren”.
 Buku ini juga cocok dijadikan bacaan buat kamu yangsudah tinggal di pesantren tapi belum menemukan kenyamanan, mungkin ada hal yang kamu belum tahu bagaimana mengoptimalkan dan meraih mimpi di pesantren. Saatnya baca buiku ini agar keberadaanmu di pesantren gak sia-sia, Dan melahap buku ini agar kamu bukan hanya sekedar jadi santri biasa tapi menjadi santri yang luar biasa.                                                                                                                                                                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar