Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2013

resensi buku komitmen muslim sejati karya Fatih Yakan

Gambar
KOMITMEN MUSLIM SEJATI * FATIH YAKAN
Konsekuensi masuk islam: mengislamkan seliruh aspek kehidupan ØMengislamkan aqidah ØMengislamkan ibadah ØMengislamkan akhlak ØMengislamkan keluarga (pra nikah, pasca nikah, mendidik anak) ØMengalahkan hawa nafsu ØMeyakini bahwa masa depan milik allah
Berafiliasi kepada pergerakan islam Pengakuan terhadap aktifis pergerakan islam dimulai dari pengakuan sebagai muslim dan mengislamkan seluruh aspek kehidupan.
1.HIDUP UNTUK ISLAM (LIFE FOR ISLAM) Tujuan hidup , mengarahkan potensi hanya untuk mengukuhkan dan meninggikan bangunan islam -hidup untuk dunia: matrealis -tercampakkan dunia dan akhirat: iman hanya di mulut saja -menganggap dunia sebagai lahan akhirat
Bagaimana hidup untuk islam?? ·Tujuan hidup (adz-dzariyat:56) ·Kehidupan dunia ini fana ·Setiap manusia akan mati ·Mengetahui hakikat islam: memperdalam tsaqafah keislaman ·Mengetahui hakikat jahiliyah

rasa itu bernama syukur

Gambar
Kemarin saya membaca berita yang cukup menghebohkan. Seorang pemuda di deportsai dari Arab Saudi gara-gara memiliki wajah ganteng lebih tepatnya terlalu ganteng. Lucu juga sih, baru kali ini denger ada orang di usir gara-gara terlalu ganteng. Saya jadi berfikir, Alhamdulillah Allah menciptakan saya gak cantik-cantik amatJ, kalau saya terlalu cantik bisa aja di usir dari Indonesia hihi…...Tapi subhanallah ada hikmah besar dari peristiwa ini, mungkin sebgaian dari kita ada yang pernah tidak puas dengan fisik yang telah Allah berikan, apalagi ketika melihat ada orang yang secara fisik lebih cantik atau lebih ganteng dari kita. Kadang terbesit” andai aku seganteng dia” atau andai aku secantik dia”. Tapi setelah membaca berita ini saya benar-benar merasa bersyukur banget. Subhanallah ketampanan/ kecantikan tidak selamanya menbawa keberuntungan bahkan bisa jadi musibah. Ckckckckc
berbahagialah kita dengan apa yang sudah Allah berikan.

Upaya Pengontrolan Bank Syari’ah Terhadap Mudharib di Tengah Krisis Kejujuran di Masyarakat

Gambar
Dalam dua dekade terakhir ini Bank Islam bekembang dengan pesat, hal ini tentu saja merupakan sinyal positif bagi Bank Islam, agar perkembangan ini terus berlanjut maka bank islam perlu mengembangkan inovasi produk yang bisa memberika kepuasan dan kepercayaan kepada nasabah untuk bisa menyimpan uangnya di Bank Islam. sehingga Bank Islam akan banyak memberikan pembiayaan kepada pemilik usaha atau masyarakat. Sehingga percepatan pertumbuhan ekonomi akan segera terwujud.
Dewasa ini pembiayaan yang diberikan oleh Bank 80% adalah akad murobahah sedangkan mudhorobah hanya sekitar 20% saja. Padahal pembiayaan mudhorobah memiliki peluang lebih besar. karena dalam pembiayaa mudhorobah Bank menyediakan seluruh modal, sedang pihak kedua (‘amil, mudharib, nasabah) bertindak selaku pengelola, dan keuntungan usaha dibagi di antara mereka sesuai kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak. Dengan akad ini tentu akan banyak masyarakat yang membuka usaha. karena masyarakat hanya perlu mengolah usaha sed…

Mizan and Me (sepenggal kisah perjalanan cinta bersama mizan)

Gambar
Assalamualaikum wr…wb…. Jika Habibi punya kisah cinta sejati bersama Ainun, maka kisah cinta sejatiku dimulai bersama mizan, selamat membaca.






Kisah cinta ini dimulai 4 tahun yang lalu, ketika pertamakali aku bertemu mizan di sebuah perpustakaan, dia tersusun rapi diantara rak-rak buku. Tak perlu waktu lama untuk mengenalnya, penampilannya yang manarik membuat aku segera mengambilnyadari rak buku, dan kemudian rasa cinta itu hadir begitu saja. Mungkin karena ada chemistri yang kuat diantara aku dan mizanJ. Hari-hari selajutnya adalah kebersamaan aku dengan mizan, jalinan cinta kami semakin kuat. Mizan banyak memberika warnadalam perjalanan hidupku, ada saatnya aku tertawa, menangis, bahagia, berimajinasi tinggi, menjelajahi dunia bersama keilmuan, inspirasi yang hadir, dan banyak lagi warna indah lainnya. Hingga Tak terasa kini usia mizan sudah 30 tahun, usia yang tidak lagi muda. Namun semangat muda mizan tak pernah pudar, terbukti dari professionalisme mizan untuk tetap menerbitkan buk…

Sediaka ruang di hatimu untuk menerima kekalahan

Gambar
“milikilah mental menjadi  juara” kata-kata motivasi ini mungkin sering kita dengar ketikasedang mengikuti training, talkkshow, seminar atau training motivasi lainnya. memang benar hal ini sangat perlu ,karena kalau kita tidak punya mental jadi juara maka mental fastabiqul khoirot(berlomba dalam kebaikan ) tidak akan terbentuk.Kalau mental fastabiqul khoirot tidak terbentuk maka kita akan menjadi manusia yang puas dengan apa yang sudah kita lakukan hari ini. Bisa dibilang cuek lah, ketika orang lain melakukan banyak kebaikan maka orang yang tidak memiliki mental fastabiqul khoirot hanya akan berkata”oh gitu ya” berbeda dengan yang bermental fastabiqul khoirot kira-kira jawabannya seperti ini “wah subhanallah ya, saya juga harus bisa nih , dia aja bisa pasti saya juga bisa kan sama-sama makan nasi” dari dua kasus tadi ada 2 perbedaan. Yang pertama menanggapi dengan cuek sedangkan yang kedua selain menanggapi timbul juga motviasi untuk bisa berbuat seperti orang tersebut bahka melebihin…

resensi buku GOES TO PESANTREN

Gambar
Bacan wajib untuk kamu yang ingin sukses di pesantren
Judul: goes to pesantren Penulis: M.Dzanuryadi Penerbit:lingkar pena publishing house Tebal:243 halaman Tahun terbit: juli 2011 ISBN: 978602885163-3 Masuk pesantern so what gitu loh? Hari gini tinggal di pesantern, mungkinbegitulah komentar dari sebagian orang.seolah menjadi santri itu hal yang menakutkan,kuper gak gaul mungkin itu bayangan kalin. Hm….itu karena kamu balum baca buku ini(hehe……). tak kenal maka tak sayang begitulah kira-kira, jangan-jangan selama ini kalian mengklaim pesantren itu menakutkan karena kalian belum kenal lebih jauh. Agar makin cinta mari kita kenalan. Apa sih pesantren itu? Pesantren adalah lembaga pendidikan yang bernuansa islami. Mulai dari pendidikan akademik, pembinaan akhlak, mental, spiritualyang semuanya dibingkai dalam nuansa islami yang tentu saja sesuai syariat islam.banyak hal pengembanga diri lainnya yang bias kamu dapatkan di pesantren. Suasana di kota santri asik senangkan hati Tiap pagi dan sore ha…

ya Rasulallah, ijinkan aku mencintaimu

Rasulallah dalam mengenangmu, kami susuri lembaran sirohmu Pahit getir perjuanganmu, membawa cahaya kebenaran (Raihan: rindu rasul) Mendengar lagu itu selalu meningatkan aku kepadamu, manusia agung sepanjangsejarah. Meski aku tak pernah bertemu denganmu, menyaksikan betapa tangguhnya dirimu, betapa sabarnya dirimu dan betapa mulianya dirimu. Namun lewatsabda mu aku merasa hari ini aku hidup bersamamu menyaksikan setiap sendi kehidupanmu yang tanpa cacat dan cela. Meski cacian dan makian tak pernah hentimenghampirimu namun kau tetap tegar. Ya rasulallah ijunkan aku mencintaimu, meski tak sebesar cinta Abu Bakar yang rela seluruh harta bahkan hidupnya untukmu. Atau seperti Talhah yang rela terkena 70 tusukan anak panah demi melindungimu. Cintaku mungkin hnaya seujung kuku, tapi ijinkan aku mencintaimu dengan semampu yang aku bisa. Rindu untuk bertemu denganmu , pertemuan yang dijanjikan untuk orang-orang yang beriman. Apakah aku termasuk golongan orang yang beruntung itu?, orang-orang yang …

Mengejar mbak HELVI TIANA ROSA

Mimpiku hari ini adalah kenyataan esok hari, kenyataan hari ini adalah mimpiku kemarin  (Hasan Al-Bana)
Teh ada acara bedah buku “ketika mas gagah pergi,” besok di UPI(Universitas Pendidikan Indonesia) jam 09.30. tiba-tiba sebuah sms masuk. Antara perasaan cemas dan bahagia bersatu. Cemas karena aku takut tidak bisa mengikuti acara itu, masalah kantong kering tentu saja. Bahagia, sudah lama terimpikan untuk bertemu dengan mbak Helvi salah satu penulis favorit saya. Sampai malam saya masih gelisah, ikut atau tidak. Apalagi saat saya ngajak teman-teman yang lain, mereka tidak bisa. Semakin menambah keraguan di hati saya. Akhirnya saya harus menganbil keputusan walau pahit sekalipun. Pinjam uang ke temen, walau entah dengan apa saya nanti menggantinya. Dimana ada kemaun disitu ada jalan, pepatah itu yang tetap saya yakini, pada akhirnya ALLAH memang memberikan jalan. Hari itu kebetulan ada rombongan siswa yang mau ke Bandung, walau dengan perasaan malu saya ikut nebeng ke mereka “lumayan h…

ada surga di Indoesia

Indonesia selalu menjadi surga bagipara pelancong dunia, keindahan alam yang eksotis, keramahan masyarakatnya dan ragam kuliner yang siap memanjakkan perut. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Indonesia selalu menjadi tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Dari data Biro Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), semester awal 2012 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia adalah sebesar 3.876.310 orang wisman. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama, yaitu Januari-Juni Tahun 2011 sebesar 3.597.632 orang wisman. Dengan kata lain, kunjungan wisman ke Indonesia naik sebesar 7,75 persen. Hal ini tentu saja menjadi suatu kebanggaan bagi rakyat Indonesia. Indonesia adalah anugerah dan rahmat dari Allah SWT, negara dengan tingkat kesuburan yang tinggi, seperti dalam sebuah nyanyian tanam kayu tumbuh singkong betapa makmurnya rakyat Indonesia hidup dengan kecukup…