Kamis, 09 Januari 2014

Pelajaran dari Sebuah Handphone


Benda yang satu ini hampir menjadi barang yang wajib dimiliki oleh semua orang, tanpa terkecuali anak kecil pun sudah terbiasa membawa benda ini. karena di masa sekarang ini handphone bukan lagi hanya sebagai alat komunikasi namun banyak aplikasi pendukung menarik yang ditawarkan, sebut saja game, music, layanan internet,dll. Namaun tetap saja fungsi utama sebuah handphone adalah alat komunaksi bukan untuk game, karena jika hanya untuk game tentu orang akan lebih memilih membeli playstation(PS). Selanjutnya mari kita bicara tentang cara kerja benda ajaib ini. Handphone yang normal adalah ketika kita tengah asyik maen game atau mendengarkan music atau justru tengan asik dengan media sosial ketika ada panggilan masuk maka semua aktivitas akan terhenti dan di layar hanya akan menunjukkan panggilan nomor masuk, karena sejatinya fungsi utama handphone adalah untuk alat komunikasi maka jika ada panggilan maka semua aktivitas akan terhenti, jika handphone tersebut normal. Kecuali jika handphone tersebut sudah error panggilan tentu tidak akan masuk. bagi si pemilik Handphone ada beberapa kemungkinan yag akan dilakuka ketika menerima paggilan masuk. pertama akan  menerima panggilan itu, kedua disilent atau terus dibiarkan tanpa kita jawab ketiga bahkan di reject. Semuanya bergantug pada keputusan yang diambil oleh sipemilik handphone.
Ilustrasi ini bisa kita ilustrasikan kepada manusia, pada dasarnya tujuan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT hal ini sejalan dengan firmanNya “dan kami tidak menciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada Nya”. Manusia dengan segudang aktivitasnya harian yang dikerjakannya jika panggilan sudah datang (baca:adzan) maka semua aktivitasnya pasti terhenti dan akan segera menjawab panggilan, itu jika manusia normal. namun jika tipe manusianya error seperti handphone yang kita ilustrasikan tadi, maka ketika ada panggilan tidak akan menjawab panggilan itu hanya akan terus disibukkan dengan aktivitas duniawi. Manusia memiliki beberapa kemungkinan ketika mendengar ada panggilan, seperti yang tadi kita ilustrasikan pada handphone ada 3 tipe:
tipe pertama  ketika ada panggilan langsung dijawab, tipe manusia seperti ini adalah mereka yang ketika medengar adzan langsung bersegera meninggalkan segala aktivitas yang tengah dikerjakan dan bersegera untuk melaksanaka shalat. Inilah jenis tipe manusia normalJ
tipe kedua adalah ketika ada panggilan handphonennya langsung di silent tapi tidak dijawab. Tipe mausia seperti ini adalah mereka yang ketika mendengar adzan langsung diam sejenak untuk mendengarkan namun kemudian kembali melaksanakan aktivitasnya dan menunda waktu shalatnya.
Tipe ketiga adalah ketika ada panggila langsung di reject, tipe manusia seperti ini adalah mereka yang ketika mendengar adzan tidak menghiraukan sama sekali bahkan hanya dianggap sebagai angin lalu tanpa peduli bahwa adzan adalah pengingat agar bersegera menemui tuhanNya.
Life is choice begitu pepatah mengatakan, maka kita pun akan memilih menjadi manusia yang normal yang jika ada panggilan adatang akan segera menjawabnya, atau menjadi manusia yang error yang jika ada panggilan masuk tidak akan kita hiraukan bahkan panggilan tersebut sedikitpun tidak kita gubris sama sekali atau justru panggilan itu tidak pernah masuk dalam kehidupan kita karena kita sudah menutup pintu untuk menerima panggilan itu. segalanya kembali kepada pribadi masing-masing, yang tentunya memilih menjadi manusia tipe seperti apapun akan ada konsekuansinya. Namun yang harus kita sadari adalah tujuan Allah menciptakan kita adalah untuk beribada kepadaNya, sudahkah tujuan itu kita laksanakan?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar